/DOSEN INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI PELITA INDONESIA MENGIKUTI PELATIHAN REVIEWER PENELITIAN
540d2d90-bb44-4620-b3a9-e96471ba5c61

DOSEN INSTITUT BISNIS DAN TEKNOLOGI PELITA INDONESIA MENGIKUTI PELATIHAN REVIEWER PENELITIAN

Dosen Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia (IBT-PI) yaitu Dr. Dewi Nasien, ST., M.Sc, mengikuti pelatihan reviewer penelitian yang diselenggarakan oleh Universitas Sumatera Utara (USU) yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta LSP Quantum HRM Internasional LSP-008-IDN. Kegiatan pelatihan reviewer penelitian Perguruan Tinggi, berlangsung selama 5 hari yaitu pada tanggal 14-18 Oktober 2019, bertempat di Hotel Adi Mulia, Medan.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 76 calon reviewer dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Selama pelatihan ini, calon reviewer dibekali berbagai pengetahuan agar setelah pelatihan ini dapat menjadi reviewer internal pada Perguruan Tinggi masing-masing. Reviewer keluaran penelitian adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kompetensi yang ditetapkan oleh penyelenggara penelitian untuk menilai kelayakan proses penelitian, hasil penelitian, dan keluaran penelitian.

Prof. Dr. Erman Munir selaku Kepala Lembaga Penelitian dari USU melakukan pembukaan acara pelatihan reviewer penelitian Perguruan Tinggi tersebut. Beliau mengatakan “Peraturan Menteri Ristekdikti RI No.20 tahun 2018 menyebutkan keharusan bagi Perguruan Tinggi mempunyai reviewer yang bersertifikat. Beliau juga menambahkan, dengan pelatihan reviewer ini akan menambah pemahaman para reviewer, mengingat seluruh reviewer harus memiliki visi yang sama dalam memberikan penilaian penelitian. Dengan kesamaan visi tersebut, kualitas hasil penelitian terus ditingkatkan dan dipertanggungjawabkan. Jika sudah terjadi peningkatan kualitas, maka peningkatan kuantitas proposal penelitian juga tidak akan disangsikan lagi,” papar Prof Erman.

dd355a0b-21e7-472b-bc9e-1068d8bcf688

Gambar 1. Pembukaan acara pelatihan

Menurut Dr. Dewi, “selama pelatihan ini banyak sekali pengetahuan yang di peroleh mengenai dunia reviewer penelitian. Untuk jadwal pelatihan sangat padat, mulai dari pagi hari hingga malam hari dengan pengawasan kamera yang ada di seluruh penjuru ballroom untuk memastikan calon reviewer mengikuti pelatihan dengan serius. Ada 6 tes ujian yang dilakukan yaitu pre-test, dilakukan di hari pertama untuk melihat pengetahuan dari calon reviewer sebelum melakukan ujian post-test. Untuk pre-test ini tidak ada penilaian. Untuk post-test (bobot 60%), kompetensi (bobot 30%), psikotest (bobot 5%) dan wawasan kebangsaan (bobot 5%), dengan passing grade minimal yaitu 50.01”.

“Alhamdulillah, sangat bahagia sekali saat dapat tahu lulus dari pelatihan ini, mengingat calon reviewer yang notaben Doktor dan Profesor.  Apalagi dengan cluster Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia (STIKOM-PI) satu-satunya status binaan yang mengikuti pelatihan reviewer penelitian,” papar Dr. Dewi. Beliau juga memaparkan “semoga dengan adanya

reviewer di STIKOM-PI yang sekarang menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia (IBT-PI), bisa cepat naik level ke Madya dan penelitian dosen semakin meningkat. Dengan begitu, hasil penelitian dosen bisa dipublikasikan pada level Nasional maupun Internasional bereputasi.

Screenshot_10

Gambar 2. Sertifikat Penelitian Reviuwer