Pages Navigation Menu

Menuju Perguruan Tinggi Terdepan di Sumatera

LPPM Pelita Indonesia Adakan Workshop Pengelolaan Manajemen Elektronik Journal

LPPM Pelita Indonesia Adakan Workshop Pengelolaan Manajemen Elektronik Journal

stikompelitaindonesia  LPPM Pelita Indonesia sebagai suatu lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat memiliki tujuan menjadikan lembaga yang terpercaya,unggul dan mandiri. Untuk mewujudkannya ketua LPPM STIKOM dan STIE mengadakan workshop Pengelolaan Manajemen Elektronik OJS Sabtu(14/7) bertempat di Aula Lantai I Pelita Indonesia yang dihadiri oleh dosen pengelola jurnal dari STIKOM dan STIE Pelita Indonesia dengan nara sumber Bapak Tinggi Choanji ST, MT.

Berkesempatan membuka acara Dr. Ir.Hendra Komara,MM menyatakan hendaknya ejounal.pelitaindonesia.ac.id dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik. “  Jurnal ilmiah dianggap sebagai informasi primer atau yang paling penting di dunia pengetahuan dan teknologi. “Jurnal ilmiah  berisi  kumpulan artikel  yang dipublikasikan  secara periodik , ditulis oleh ilmuwan  peneliti untuk melaporkan hasil hasil penelitian terbarunya. Lebih lanjut  Hendra Komara menjelaskan “ Karena itulah Keberadaan jurnal ilmiah merupakan hal yang penting untuk terus memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi” .

oj1

Sumber LPPM Pelita Indonesia

Sebelum lebih lanjut bagaimana mengelola manajemen jurnal elektronik, nara sumber Tinggi Choanji menjelaskan tentang pentingnya Digital Object Identifier (DOI) dan bagaimana proses pengurusan DOI. DOI merupakan sebagai sarana untuk melakukan verifikasi tulisan ilmiah yang diusulkan oleh dosen.

“DOI adalah sebuah cara untuk memberi identitas (digital) bagi sebuah obyek, yang dalam hal ini adalah tulisan ilmiah. Sebagai pengidentifikasi, sebuah DOI bersifat unik (tidak ada duanya) dan persisten (tidak berubah). Begitu dipakai untuk mengidentifikasi sebuah dokumen, maka ia akan melekat di dokumen itu, meski dokumennya diubah, berpindah lokasi, dsb”.

oj3

Sumber LPPM Pelita Indonesia

Pada sesi berikutnya Tinggi Choanji menjelaskan bagaimana mengelola manajemen OJS itu sendiri. Ada empat jurnal yang di miliki oleh Pelita Indonesia yaitu, Journal Of Information Systems and Informatics Engenering (JOISIE), Jurnal Ilmiah Manajemen (PRUCARATIO), Jurnal Ilmiah Akuntansi (BILANCIA), dan Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis (KURS).

“  Sebelum jurnal dari author  di terbitkan diperlukan peran editor, section editor dan reviewer “ . “ Dan untuk  menggugah artikel jurnal, perlu wadah untuk artikel yang akan/sudah diunggah yang dinamakan Issue/Edisi. “  ulas nara sumber.

37179912_288845265024484_5540068273476861952_n

Antusiasnya pengelola jurnal mengikuti workshop ini terlihat dari keseriusan dan banyaknya pertanyaan yang diberikan. Langkah demi langkah menjalankan jurnal elektronik ini diikuti secara seksama oleh semua peserta. Agar nantinya bisa mengoperasikan elektronik jurnal  dengan baik  dan maksimal.

oj2

Pada sesi penutup, workshop di tutup oleh Ketua STIKOM Pelita Indonesia Dr Teddy Chandra SE, MM dan sekaligus memberikan serah terima sertifikat pelatihan.

Dr Teddy Chandra, SE,MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada nara sumber dan  pengelola jurnal yang sangat antusias  mengikuti kegiatan ini sampai akhir ( Tim STIKOM)***