Pages Navigation Menu

Menuju Perguruan Tinggi Terdepan di Sumatera

Kegiatan Pelatihan Open Journal System

Kegiatan Pelatihan Open Journal System

20170427_123637_HDRSTIKOM Pelita Indonesia – STIKOM dan STIE Pelita Indonesia menyelenggarakan pelatihan mengenai Open Journal System selama 3 hari, tepatnya pada tanggal 25, 26, dan 27 April 2017. Pelatihan yang mendatangkan pembicara dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Dr. Daniel Oranova Siahaan, S.Kom, M.Sc., PDEng, ini diperuntukan bagi seluruh pengelola jurnal, editor, reviewer, maupun author di lingkungan Pelita Indonesia.

Open Journal System (OJS), saat ini dirasa sangat diperlukan dalam bidang penerbitan jurnal. OJS membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, dan bantuan menggunakan koresponden.  Selain itu, juga dapat mempermudah dalam hal pengarsipan, otomatisasi proses pengiriman artikel (submission), editing, review dan hal lain yang terkait.

Pelatihan hari pertama dan kedua diisi dengan penyampaian materi secara mendalam oleh Bapak Daniel Oranova Siahaan kepada seluruh pengelola jurnal. Materi yang disampaikan seperti cara pengelolaan open journal system yang baik dan benar, penerbitan back issue, indexing, hingga tips yang harus dilakukan agar sistem yang dikembangkan agar dapat lolos akreditasi jurnal nasional. Hal ini sangat diperlukan sebab, Mulai tanggal 01 April 2016, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual hanya menerima dan memproses usulan akreditasi jurnal (terbitan berkala) ilmiah nasional yang telah dikelola secara elektronik.

20170427_093911

Pelatihan hari ketiga melibatkan seluruh pihak termasuk editor, reviewer, dan author. Dimana dipaparkan tahapan terbitnya suatu artikel, mulai dari pengiriman file, proses yang dilakukan editor, proses yang dilakukan reviewer, hingga artikel tersebut dapat diterbitkan. Dengan terlaksananya pelatihan ini, besar harapan Pelita Indonesia dapat terus berkembang memperbaiki diri terutama dalam bidang publikasi jurnal agar semakin baik kedepannya.